Kamis, 02 Februari 2012

The Strong woman's story. Percaya? Baca aja

       Hello Epriiiiibadeeeeh!!!!! Setelah sekian lama gua tenggelam dari dunia kedua gua alias blog gua sambil menjalani hari-hari berat menjelang UJIAN NASIONAL! You know?! UN! Yap, gua kan kelas 3 SMP di salah satu SMP Negeri cukup favorit yaitu SMPN 34 Bandung, perlu disebutin alamatnya? Kaga usah deh kan udah terkenal. Okey, Jalan Waas Soekarno-Hatta. Tuh gua sebutin karna kalian maksa. Oke, kali ini gua bakal bercerita apa ya? Setelah gua bercerita Cerita Chykita Weasley part 1 dan 2. Part 3? Tunggu aja deh, udah gua bikin tinggal di post aja. Tapi nanti, kalo saatnya kalian udah penasaran banget cerita kelanjutannya apa. Trus gua juga udah bahas Robert Pattinson ama Kristen Stewart yang berubah jadi boneka gara-gara pesona kecantikan seorang titisan SURTI PAK PRABU WIJAYA alian TIKA. Sekarang enaknya bahas apaan ya? Gua bosen nih bahas hal-hal yang lagi happening banget. Gua pengen bahas seorang wanita alias perempuan yang menurut gua salah satu wanita yang kuaaaaaaat kedua setelah MAMA gua dong. Yap! Ini dia temen SMPnya mama gua. Penasaran? Siapa ya namanya? Gimana sih ceritanya? Kenapa sih menurut gua bisa disebut salah satu the strong woman? Apa sih hubungannya? Stop. Pertanyaan kalian simpen dulu nih, gua kan belom cerita. Oke simak baik-baik. Ini salah satu inspirasi gua loh, mungkin kalian juga bisa mendapat ilham setelah baca ini. This is, stay tuned *cielah kayak di radio aja*

        Cukup pembukaannya. Ini dia isinya. Gua kan udah bilang di awal. Gua akan bahas tentang the strong woman setelah mama gua. Dialah temen baiknya mama gua pas SMP. Sebenernya gua udah tau lama cerita ini. Pas gua SD, tapi baru sekarang sempet nulisnya dan cukup matang menggali informasi tentang si tante strong woman ini. Pertama mama cerita, gua pernah mau dikasih nama tante ini karna sifat ‘strong woman’ nya itu. Namanya sih bagus. Pengen juga dinamain kayak tante ini. Namanya *jengjengjeng cesssssss* TANTE INDAH ATIKAH LESTARI. Hampir mirip ama nama gua RIZQITA ATIKAH SARI. Jelas, mama gua cuma ambil ATIKAHnya doang. Nah kenapa sih mama gua gak jadi namain gua Indah? Alasannya karna tante ini sangat amat banget sekali pilu perjalanan hidupnya. Dan Innalillahi wa Innallillahi ra’jiun, saat ini tante Indah sudah tidak ada di sisi kita lagi alias udah ada di sisi Allah SWT. Kita berdoa aja ya biar amal-amalannya selama di dunia. Amin. Pasti kalian penasaran nih. Meninggalnya kenapa? Perjalanannya pilu? Sepilu apasih? Kalem, gua juga udah gak sabar nih berbagi ceritanya.

        Dimulai dari tahun 1977, saat umur mama gua 12 tahun dan mendaftar ke sebuah SMP di Solo alias Surakarta yaitu SMP Batik. Disitulah, mama yang duduk di bangku 1 SMP bertemu dengan Alm. Indah Atikah Lestari *manggilnyatante Indah aja ya*. Mama bertemen cukup baik ama tante Indah. Dia orangnya cantik kayak gua, baik, putih, pinter dan sholehah. Agama islamnya kuat banget loh. Sayangnya kata mama dia itu cacat. Entah mama aku juga gak ngerti kenapa, intinya mah kaki yang satu kecil sebelah. Aku juga gak ngerti. Tapi kayaknya sakit polio. Nah dengan kondisinya yang cacat kaki menyebabkan dia harus jalan pincang dan harus dibantu ama tongkat. Padahal anaknya cantik banget kata mama. Baru mulai udah rada sedih nih. Nah tante Indah ini pinternya pinter banget loh. Dengan keterbatasannya dia punya kelebihan juga. Bener-bener ya Allah itu maha Adil. Selain pinter secara akademik, dia itu juga rajin, pekerja keras dan seorang yang pantang menyerah. Dia itu juga punya banyak keahlian loh. Dia itu jago ngejahit, dan masih banyak lagi.

        Fisik udah, sifat udah, pinter udah. Sekarang kita bahas agamanya. Nah, sehubungan rumah dia gak jauh dari rumah mama. Jadi mama tau dong. Keluarganya tante Indah itu kuat banget agamanya. Begitu juga tante Indah. Hampir di semua usaha yang dilakukannya pasti disertai dengan sholat, do’a dan ridho Allah SWT tentunya. Kayak gua di UN ini, gua juga kok amin deh. Dia juga gak lupa mengucap syukur walaupun keadaan dia yang seperti itu. wow banget ya. Pasti kalian nanya, mana nih cerita pilu nyaaaa? Gak sabar nih! Sabar woy, ini juga udah pilu nih. Coba aja kalian yang jadi tante Indah ini? Pasti kalian gak kuat ama kondisi kayak gini. Diejekin ama temen. Trus karna tekanan itu prestasi kalian menurun, bukan menurun deng. Kalian yang normal aja susah kan raih prestasi? Itu karna kalian gak pernah mensyukuri apa yang dikasih dan didapet dari Allah. Apalagi kalian cuma berdo’a saat kalian butuh Allah aja! Gak solid ah kalo itu kata temen kalian, pasti temen kalian bilang “Lu mah kalo butuh aja calling gua, nah udah itu kaga ada dah rasa terima kasihnya. Kaga ada dah rasa syukurnya kalo udah dibantu. Trus pas gua butuh? Kaga ada kan?!” Nah Allah juga bisa marah kayak gitu. Allah bisa aja mempersulit kalian buat meraih prestasi. Apalagi kalo kalian punya dendam ama temen kalian. Pasti itu kaga diridhoi ama Allah. Nah balik lagi ke tante Indah.

        Ceritanya udah lulus SMP nih. Tante Indah ama mama misah nih. Mama ngelanjutin ke SMEA jurusan pembukuan (kalo sekarang ke SMK jurusan akuntansi). Yes, mama lost contact nih, padahal rumahnya gak terlalu jauh dan gak terlalu deket juga. Kata mama mah katanya gak ngelanjutin SMA ceunah, tapi gak tau ketang. Belum jelas nih ceritanya. Lulus SMEA mama sempet kerja di Yogya dan everywhere. Sampai akhirnya dengan perjalanan yang rumit dan sulit *sedih denger ceritanya juga, kapan2 aku ceritain* mama pun nyampe ke Jakarta. Ke Jakarta? Yap. Ngapain? Ya kerja lah! Mama kerja di salah satu koperasi di BLOK M dengan kedudukan sebagai bendahara gitu. Nah, disitulah peran ‘dunia ini memang sempit’ mulai muncul. Gini nih, mama punya temen di Jakarta. Cewek tuh. Dia itu kakanya Budi. Budi? Siapakah itu? Apa dia yang suka ditulis guru kelas 1 SD sebagai temen Tuti? (lu pikir Ini Budi, Ini Tuti kaleeeeee) nah apa hubungannya dengan Budi dan tante Indah? Kenapa di sini ada peran ‘bumi sempit’? Penasaran kan? Simak setelah pesan-pesan berikut ini…. Gak deh.
        
Jadi ini bermulai dari perkenalan mama ama temennya di Jakarta. Gua lupa namanya, males kalo nanya ke mama lagi. Pokonya itu weh. Nah, suatu saat dia cerita tuh. Oya nama mama gua Yatmi.
“Mik, adekku mau nikah ama orang gitu. Orangnya cacat. Sekeluarga gak setuju.”
Jengjengjengjeng!!!! Zoom in zoom out! Pertamanya mah reaksi mama biasa aja. Setelah sharing gitu. Jadi adeknya temen mama gua itu namanya Budi itu mau nikah ama cewek cacat yang hidup sebatang kara itu. Dan sekali lagi gua tegasin! DUNIA INI EMANG SEMPIT BANGET! Temen mama di Jakarta ini tetangganya tante Indah juga. Oh God! Jadi Budi ini tresno karo tante Indah alias Budi ini jatuh cinta pada tante Indah. Siapasih yang tidak terpikat ama tante Indah? Begitu juga Budi ini, walaupun tante Indah cacat kaki. Tapi masih ada lelaki yang menerimanya apa adanya. Nah, kenapa sih keluarganya Budi gak setuju? Kenapa sih nolak secara keras-kerasan tante Indah? Kalo alesan temen mama sih karna gak suka ama orangnya. Jelas. Apalagi umur mereka itu terpaut jauh sekali. Bayangin aja tante Indah kan seumuran ama mama dan temen mama, trus tante Indah nikah ama adeknya temen mama itu yang umurnya lebih muda gitu. Gatau tepatnya selisih berapa. Pokonya, kan mama aku udah kerja tuh, Budi itu baru lulus SMA. Nah, temen mama itu udah kerja keras dan banting tulang buat cari uang. Niatnya biar adeknya itu bisa belajar ke tingkat yang lebih tinggi alias kuliah dan melanjutkan sekolahnya. Itu kan bisa membantu Budi buat kerja kan dengan pendidikan yang tinggi. Nah, dari situ temen mama kaga suka tuh. Adeknya malah cinta ama tante Indah.

        Gak jadi deh uang buat ngelanjutin adeknya belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Sayang kan tuh uangnya. Trus kaga ada gunanya dong temen mama gua berkeluh kesah mengeluarkan keringat untuk membiayai adeknya itu. sebel sesebel sebelnya orang sebel tuh. Keluarga Budi juga kaga setuju tuh. Alesannya hampir mirip, karna si Budi kan harusnya ngelanjutin sekolah biar pinter. Eh malah lulus SMA trus ke KUA (Kantor Urusan Agama -> yang buat ngurusin orang mau nikah). Gak setuju nih, tapi Budi tetep nekat senekat nekatnya orang nekat. Yang namanya cinta ya buta. Tidak memandang kalo keluarga gak menyetujui mereka mendayung bahtera kehidupan baru berdua. Yah. Yang namanya cinta mau dihalangin juga kaga bisa. Namanya juga cinta. Mau gimana lagi coba? Mereka nikah tuh tanpa persetujuan keluarganya Budi. Lah keluarganya tante Indah? Yah. Alhamdulillah sih, setuju-setuju aja. Asal anak mereka (tante Indah) bisa bahagia dengan lelaki yang dipilihnya harus setia juga dong.

        Acara keluarga. Siapa sih yang gak kenal acara terkenal ini? Kita kadang gak mau ngelewatin nih acara kayak gini, tapi kadang gua males sih. Tapi tetep aja acara keluarga kaga bisa gua lewatin begitu aja, berhubung untuk mempererat hubungan silaturahmi trus buat seru-seruan juga. Kalo ngumpul ama keluarga tuh bawaannya bercanda. Kadang pada ngumpul trus cerita-cerita ama sepupu, adu skill main game ataupun yang lain, yang ibu-ibu pada ngegosip trus berbagi resep makanan trus yang bapak-bapak barbequean deh. Pokonya seru deh. Kalian juga kan? Ampe-ampe kalian pernah bolos sekolah karna ada acara keluarga penting kan? Alah ngaku aja deh! Gua juga sering kok. Kesannya kita lebih mentingin urusan keluarga daripada sekolah. Kadang-kadang guru suka kesel tuh. Yah. Mau gimana lagi, acaranya penting banget sih (padahal cuma barbequean) gak deng. Paling ada sodara yang nikah ato meninggal kan? Kok malah bahas acara keluarga sih? Kaga ada hubungannya ama ‘the strong woman’ ini. Kira-kira apa sih hubungannya?
Buat tante Indah, acara keluarga ini adalah momok yang paling menegangkan dan menakutkan. Setiap ia datang ke acara keluarga Budi yang harusnya hangat dan penuh tawa ini. Ia malah dipojokin. Kok dipojokin sih? Yaiyalah jelas. Orang dari dia nikah ama Budi aja kaga setuju apalagi udah jadi istri sahnya secara hukum dan agama. Keluarga Budi siniiiis sesinis sinisnya orang sinis tuh ke tante Indah. Bahkan ada seorang wanita alias ibu yang…. Yah pasti ngerasain perasaan cewek juga yaitu Ibu mertuanya tante Indah alias Ibunya Budi ini malah nyerocos yang pedeees banget ama tante Indah. Oh God! Dari dulu juga dunia ini emang EDAN yaa. Bukan cuma zaman modern sekarang aja. Masa sih seorang Ibu gak bisa luluh hatinya ngeliat anaknya udah bahagia ama wanita pilihannya yang sholehah walaupun cacat. Dengan segala keterbatasan tante Indah masa sih Ibunya Budi kaga bisa menerimanya? Toh, udah jadi istri anaknya kan? Ngapain ngungkit ketidaksetujuannya lagi coba? Itu kan masa lalu. Yah mendingan mikir masa depannya aja deh. Pikirin dong nanti cucunya kayak apa yaa? Apa kayak Omanya yang cantik ga? Okelah, kalo kakaknya Budi yang sama perempuan dikit-dikit udah bisa nerima. Walaupun gak seutuhnya, mungkin masih sakit hati ama kejadian dulu pas udah berjuang keras membiayai sekolah adeknya. Yah. Maklum sih kalo hubungannya sedikit renggang ama adeknya. Orang adek kaka ya pasti sering berantem. Kayak gua aja, pasti kalo udah berantem pasti ada salah satu adek gua yang ngadu-_- beraninya ngadu ah gak asik. Kalo gak, adek gua yang kecil pasti nangis (adek gua ada 2, cowok semua. Gua juga punya kaka kembar cowo semua. Dan gua satu-satunya anak cewek di keluarga gua). Yah. Sering juga berantem ampe musuhan, tapi nanti juga cair lagi kok. Nah, Ibunya Budi ini malah lebih sangar dari kakaknya Budi nih. Masa sih seorang Ibu, yang harusnya lebih peka dengan perasaan perempuan soalnya kan dia udah melalui fase-fase sulitnya jadi cewek apalagi cacat. Masa sih, kaga tersentuh hatinya atau belum terbuka hatinya untuk nerima menantunya. Yaampun, ini malah ngomong ngawur gitu tentang tante Indah.

        Sakit hati gak sih kalo kalian dipojokin ama keluarga dan dijadiin bahan pembicaraan yang jelek diantara keluarga kalian. Bayangin deh, bayangin yang serius. Malu, kecewa, sakit hati, kesel, pengen nangis semuanya campur aduk dong. Jangan jauh-jauh ke acara keluarga deh. Coba bayangin di kelas, kamu tiba-tiba dijauhin ama temen-temen sekelas gak tau apa alesannya dan dijadiin bahan omongan. Sakit kan? (sebenernya gua udah biasa sih, dari SD ampe SMP gua sering digituin. Yang paling edan itu pas SD, seriiiing baget. Karna temen2 gua berkubu dan ada 3 orang yang ngeratu banget lah saat itu. jadi kalo ada yang bermasalah ama mereka pasti mereka nyuruh temen2 yang lain buat musuhin gua-_- itu sebabnya gua gak pernah percaya ama sahabat cewek. Gua lebih nyaman sahabatan ama cowok. Helo, diantara 1 cewek di 3 cewek ratu itu adalah temen gua dari tk ampe SD, yang 1 lagi temen gua dari SD ampe SMP sekarang dan bahkan yang 1 lagi temen gua dari TK ampe SMP sekarang. Ampe sekarang kita masih musuhan loh. Bahkan adegan2 di Cerita Chikyta Weasley itu terinspirasi dari sebagian kisah gua juga. Ada adegan Key labrak Chiky. Gua juga pernah dilabrak gitu karna dikira suka ama cowoknya. HE TO THE LO. HELLO! Anak SD ingusan kayak gua mana mungkin udah kenal apa cinta itu sejatinya. Dia juga pasti. Cowoknya itu sahabatan baik ama gua tuh. Ampe akhirnya renggang ampe sekarang bahkan musuhan gara-gara masalah sepele. Nah, yang setia di kala gua dilabrak adalah sahabat gua, cowok tentunya. Gua lebih percaya cowok sih, bisa jaga rahasia gitu. Gua kaga tau nih sahabat gua yang setia ini sekolah dimana. Gua bingung juga mau nanya ke siapa. Pas SMP gua belom nemu sahabat cowok yang pas nih. Masalahnya kalo deket dikit pasti dikirain ada sesuatu) kok malah jadi curhat gini sih. Haha gapapa deh. Kita balik ke tante Indah. Ampe mana sih tadi? Oh iya, ampe tentang dimusuhin dan dipojokin.

         Nah, jadi tante Indah itu bener-bener dipojokin dan dibikin kapok buat dateng lagi ke acara keluarga kaya ginian. Image acara keluarga yang hangat langsung musnah dari pikiran tante Indah setelah dateng beberapa kali ke acara kayak ginian. Sejak itu, tante Indah paling anti tuh ama acara keluarga. Padahal asyik banget ya. Gimana gak anti, orang tiap diajakin acara keluarga dia pasti dijadiin bahan pembicaraan. Nah, dia gak mau lagi tuh diajakin ke acara yang lebih kejam dari acara penjagalan (lebay).
Waktu sedikit dipercepat, keluarga Budi yang menaruh benci pada tante Indah mulai bener-bener menunjukkan kebencian mereka. Mereka mengusir tante Indah ke rumah yang lebih kecil. Nah Budi nya? Ya kerja lah! Tante Indah ditelantarin gitu aja. Kaga dikasih apa pun buat makan ama keluarga Budi itu. yaampun. Tapi, tante Indah tetep tegar setegar batu karang yang dihantam ombak keras beberapa kali. Waktu silih berganti. Mama pulang dari Jakarta ke Solo. Beberapa hari kemudian, mama punya inisiatif buat ketemu lagi temen SMPnya nih yang gak pernah ketemu sejak lulus SMP. Dan sekarang dikabarkan gak disetujuin ama keluarga suaminya. Mama udah dapet cukup informasi dimana tante Indah tinggal. Kesana lah mama. Betapa kagetnya mama. Sekaget kagetnya orang kaget. Sekali lagi gua tegasin GUA JUGA KAGET BRAY! Mama nemuin tante Indah yang dikenalnya dari SMP itu yang cantik bin putih itu tergeletak lemas di tempat tidur dengan keadaan………. Ah. Kaga tega ngetiknya juga. Oh God! Badannya kurus sekurus kurusnya orang kurus. Ampe kata mama itu kaya tengkorak aja. Kayak tulang cuma dibungkus ama kulit. Cuma keliatan urat-uratnya yang menonjol di permukaan kulitnya yang dulu halus dan putih tapi sekarang………… ya gitu deh ancur dan item. Yaampun. Keaadaan yang sungguh mengenaskan dan mengagetkan mama yang mengenal Indah SMP yang mungil dan cantik berubah menjadi monster tengkorang yang masih hidup. Kakinya masih kecil sebelah. Gila! Ngedengernya aje gua ampe merinding ngebayanginnya gimana. Dengan tengkorak, kulit dan uratnya yang keliatan banget. Oya, kata mama juga pipinya itu nonjol banget ke dalem, kalian bayangin aja deh tengkorak kepala manusia tanpa daging.

        Awalnya, sangat mengejutkan! Tante Indah mungkin pura-pura gak mengenali sosok temen SMPnya yaitu mama. Ia pura-pura gak kenal dengan yang namanya Yatmi. Mungkin ya ini mungkin karna tante Indah malu karna keadaannya sekarang yang sungguh kayak gitu dan gak mau dapet belas kasihan dari orang lain. Setelah mama meyakinkan lebih lebih, akhirnya tante Indah ngaku. Dia cerita semua penderitaannya selama ini. Kalo dibahas ya itu yang di atas yang kalian baca tadi. Pilu banget perjalanan tante Indah ini.
Lembaran waktu terus terbuka tanpa ada orang yang bisa mencegahnya, mama udah nikah juga tuh. Dan pernah ada niat terlintas di pikirannya untuk menamai anak perempuannya (gua) itu INDAH ATIKAH LESTARI. Karna biar sifat baik tante Indah yang secantik nama dan fisiknya itu bisa terwariskan ke gua. Tapi mama juga rada parno sih dengan kisah pilu penuh kerikilnya tante Indah. Apalagi suatu saat, mama main ke Solo lagi dan tanya ke tetangganya,

“Mbak, Indah tinggalnya dimana sekarang?” tanya mama.
“Loh, yatmi belom tau ya? Indah udah meninggal, mbak.” Jawab tetangganya itu.
“Innalillahi wa innalillahi raji’un…………”

         Yah. Mama pun mengurungkan niatnya untuk memberi nama ‘Indah Atikah Lestari’ buat gua. Yang diambil Cuma Atikahnya aja seperti yang gua bilang di awal. Nah, mungkin sebagian sifatnya ada di gua sekarang (boong banget) tapi amiiin aja deh.
Nah, udah selese nih bahasnya. Intinya setelah gua denger cerita ini gua jadi lebih menghargai dan mensyukuri hidup normal gua. Walaupun gak serba mewah tapi gua merasa cukup dengan apa yang gua miliki dengan punya mama sehebat Superwoman! Apalagi adek kaka gua yang sayang ama gua. Prestasi yang cukup membanggakan, temen-temen yang ramah dan baik di SMPN 34 dan gua punya Allah SWT yang selalu sayang dan ngelindungin gua. Yap! Kalian juga mungkin merasa kayak gua nih, Alhamdulillah kalo tulisan gua ini bermanfaat dan lebih memotivasi kalian buat bersyukur dengan karunia-Nya. Yeah, tangan gua udah mulai capek nih soalnya gua juga lagi bikin cerpen ama kelanjutan Cerita Chikyta Weasley nih. Maaf aja ya kalo ada salah kata, dan ada pihak yang gua singgung. Yang penting kalian kaga ada yang tau identitas aslinya. Maaf kalo gua emang nyerocos pedes dan nyinggung perasaan kalian. Yes, ampe ketemu lagi di kisah pilu lainnya……………. Good bye juga buat tante Alm. Indah Atikah Lestari yang udah ngasih inspirasi gua, mama gua dan temen-temen gua yang baca. Makasih buat ada di tulisan ini. Semoga tenang di sisinya dan kita sama-sama akan bertemu di syurga nanti. Amin.

2 komentar: